6.4.11

Mengenal Skeleton Pada 3D Character

Seperti manusia sesungguhnya, karakter pada animasi 3D juga memiliki sebuah tulang… bentuknya ya mirip seperti tulang manusia, dan dalam istilah 3D biasa disebut dengan Skeleton. Tapi kira-kira apa gunanya skeleton ini???

Skeleton pada karakter 3D fungsinya adalah sebagai penopang atau kerangka utama yang penting dalam setiap gerakan atau animasi. Jadi dengan adanya skeleton maka karakter dapat dengan mudah diatur pergerakannya dari pada harus membuat animasi satu-persatu dari setiap vertex yang ada.

Biasanya skeleton diterapkan pada objek 3D yang berbentuk humanoid atau manusia, dimana skeleton mempunyai elemen-elemen yang mirip dengan tulang manusia, seperti lengan, kaki, leher, dada, tengkorak dan bagian-bagian lainnya sesuai kebutuhan. meskipun begitu skeleton juga bisa diterapkan pada model-model 3D lainnya yang membutuhkan pergerakan atau animasi.

Dimanakah kita bisa membuat animasi skeleton??? Ya tentu saja pada sebuah aplikasi pengolah grafis 3D, misalnya 3D Studio Max, Blender, Maya, Milkshape 3D dan lain-lain.

Berikut ini adalah contoh skeleton yang dibuat dengan Milkshape 3D:


Sumber referensi: http://condetcity.wordpress.com/2010/07/31/mengenal-skeleton-pada-character-3d/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar