21.5.12

Cara Melakukan Translasi IP Address Ke Hostname Menggunakan Java (Demo D1-3)

Berikut adalah langkah-langkah untuk mentranslasikan IP address ke hostname komputer, sehingga apabila kita memasukkan alamat IP maka program ini akan menampilkan hostname komputer sesuai dengan alamat IP-nya dengan syarat komputer harus saling terhubung.

1. Ketikan koding Java dibawah ini pada notepad, editplus atau IDE lainnya :

2. Kemudian simpan file tersebut dengan nama IPtoName.java di dalam folder bin pada folder jdk yang terdapat pada komputer tersebut.

3. Lalu compile program tersebut dengan menggunakan command prompt. Pastikan pada command prompt kita telah masuk ke dalam direktori tempat kita menyimpan file IPtoName.java tadi, sebagai contoh pada komputer ini c:/program files/java/jdk1.6.0_18/bin. Compile dengan mengetikkan perintah javac nama_file, dalam hal ini karena nama filenya adalah IPtoName maka untuk mengcompile kita ketikan javac IPtoName.

4. Berikutnya untuk menjalankannya ketikan perintah java nama_file, dalam hal ini java IPtoName. Maka akan tampil output sebagai berikut :

Pada output diatas 'hesty' merupakan nama komputer saya dan 'devi-PC' merupakan nama komputer teman saya yang sudah terkoneksi menggunakan LAN.
-Selesai-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar