21.5.12

Membangun Sebuah Aplikasi Client-Server Sederhana Menggunakan Java (Demo D1-5)

Berikut adalah langkah-langkah untuk dapat bertukar pesan antara satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan sebuah aplikasi Java client-server.
Pertama-tama kita buat 2 source code Java simpleServer dan simpleClient. Lalu kedua source code ini kita compile pada 2 buah PC berbeda yang telah terhubung. Untuk program simpleServer.java dijalankan pada komputer yang berperan sebagai server, sedangkan program simpleClient.java dijalankan pada komputer yang berperan sebagai client.
- Source code untuk komputer server adalah sebagai berikut :

Kemudian simpan file tersebut dengan nama simpleServer.java di dalam folder bin pada folder jdk yang terdapat pada komputer tersebut. Lalu compile program tersebut dengan menggunakan command prompt. Pastikan pada command prompt kita telah masuk ke dalam direktori tempat kita menyimpan file simpleServer.java tadi, sebagai contoh pada komputer ini c:/program files/java/jdk1.6.0_18/bin. Compile dengan mengetikkan perintah javac nama_file, dalam hal ini karena nama filenya adalah simpleServer maka untuk mengcompile kita ketikan javac simpleServer. Berikutnya untuk menjalankannya ketikan perintah java nama_file, dalam hal ini java simpleServer. Setelah dijalankan pada komputer server maka akan tampil output seperti gambar dibawah ini yang berfungsi untuk menghidupkan server dan menerima pesan dari client :
  
- Source code untuk komputer client adalah sebagai berikut :

Kemudian simpan file tersebut dengan nama simpleClient.java di dalam folder bin pada folder jdk yang terdapat pada komputer tersebut. Lalu compile program tersebut dengan menggunakan command prompt. Pastikan pada command prompt kita telah masuk ke dalam direktori tempat kita menyimpan file simpleClient.java tadi, sebagai contoh pada komputer ini c:/program files/java/jdk1.6.0_18/bin. Compile dengan mengetikkan perintah javac nama_file, dalam hal ini karena nama filenya adalah simpleClient maka untuk mengcompile kita ketikan javac simpleClient. Berikutnya untuk menjalankannya ketikan perintah java nama_file, dalam hal ini java simpleClient. Setelah dijalankan pada komputer server maka akan tampil output seperti gambar dibawah ini yang berfungsi untuk mengirimkan pesan ke server dan menerima balasan dari server :
 -Selesai-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar